MOTIVATOR FINANCIAL

SUCSESS FROM ROBERT T. KIYOSAKI

SUKSES ala ROBERT T. KIYOSAKI

Robert Toru Kiyosaki (lahir 8 April 1947; umur 65 tahun) adalah seorang investorusahawanpenulis dan motivator. Kiyosaki menjadi terkenal karena buku yang ditulisnya berjudul Rich Dad, Poor Dad. Buku ini merupakan bagian dari seri buku-buku dan material lain tentang motivasi Dia telah membuat tiga macam papan permainan “Cashflow” berikut perangkat lunaknya, baik bagi anak-anak maupun dewasa. Ia juga memiliki kaset dan piringan magnetik kompak bagi seri “Rich Dad”-nya. Selain itu ia juga menerbitkan buletin bulanan.

Kehidupan Pribadi

Sebuah generasi keempat Jepang-Amerika, Robert Kiyosaki dilahirkan dan dibesarkan di Hawai. Dia adalah putra dari almarhum pendidik Ralph H. Kiyosaki (1919-1991). Setelah lulus dari Hilo High School, ia memasuki US Merchant Marine Academy di New York, lulus pada tahun 1969 sebagai perwira dek. Dia kemudian bertugas di Korps Marinir sebagai pilot helikopter tempur selama Perang vietnam, di mana ia dianugerahi Medali Angkatan Udara.

Ia menikah dengan Kim Kiyosaki. Memiliki seorang saudara kandung perempuan, Emi Kiyosaki, yang menjadi Bhikkhuni Buddha Tibet dan dikenal dengan nama Tenzin Kacho.

konsep pendidikan yang menekankan bahwa ”anak sekolah harus pintar” harus diubah total. Ini agar kita tidak terkurung dalam ‘rat race,’ kehidupan yang tak cerdas. ”Alasan utama orang bersusah payah secara finansial adalah karena mereka menghabiskan waktu bertahun-tahun di sekolah, tetapi tidak belajar apa pun mengenai uang,” jadi ”Hasilnya adalah orang bekerja untuk mendapatkan uang, tetapi tak pernah belajar agar uang bekerja untuk mereka.”
  1.  Pertama, ”Orang Kaya Tidak Bekerja Untuk Uang”. Ini bisa jadi cara efektif menghindari kemiskinan. Sebab, kata Om Kiyosaki, orang miskin tidak memiliki kebebasan finansial dalam hidupnya. Penghasilannya selalu habis untuk membiayai kewajibannya.
  2. Penguasaan atas empat konsep bisnis — yaitu pemasukan, pengeluaran, neraca aset, dan liabilities (kewajiban).
  3. Anjuran untuk memulai bisnis sendiri sebagai jalan awal menuju kekayaan. Ini yang diungkapnya dalam bab ”Uruslah Bisnis Anda Sendiri”
  4. Ihwal ”Sejarah Pajak dan Kekuatan Korporasi”. Intinya, bila kita bagaimana mengatur pajak, maka pengetahuan ini akan mendatangkan kekayaan.
  5. Orang Kaya Menciptakan Uang. Di sini Om Kiyosaki membahas ihwal ‘kecerdasan finansial’ orang kaya dalam mengelola uang. Kecerdasan itu antara lain, dapat membedakan ‘good and bad liabilities, good and bad debt, good and bad expenses,’ dan ‘good and bad risk.
  6.  ”Bekerja Untuk Belajar, Jangan Bekerja Untuk Uang”. Ajaran ini terkait dengan perubahan paradigma era informasi, dari ‘school smart’ ke ‘school smart’ dan ‘street smart.’ Artinya, selain diperlukan kecerdasan akademis, untuk jadi orang kaya, dibutuhkan juga ‘ilmu jalanan’ yang tidak didapat di bangku sekolah.
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s